RESEP CIRENG ISI KHAS BANDUNG

 

Bagi anda penggemar kudapan ringan tentu tidak asing dengan kudapan bernama cireng (Singkatan dari Aci Goreng) . Kudapan yang satu ini mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan, pasar bahkan di cafe di sekalipun. Pada awalnya cireng tidak seperti sekarang yang sudah banyak variasinya, cireng dibuat dengan bahan dasar tepung tapioka (Aci dalam bahasa Sunda) tanpa tambahan bahan lain dan tanpa isi. Hasilnya cireng menjadi sangat lembek dan penuh minyak setelah digoreng sehingga kurang begitu disukai. Seiring dengan adanya inovasi cara memasak maka cireng telah berubah bentuk menjadi seperti ada yang di pasaran, tetapi tanpa meninggalkan rasa aslinya. Cireng saat ini lebih empuk dan berwarna lebih putih, ditambah dengan isi dengan berbagai pilihan rasa. Bagi anda yang ingin mencoba membuat cireng berikut saya berikan resepnya.

Cireng

Cireng

Bahan cireng:

200 gr tepung tapioka

50 gr tepung terigu

1 btg daun bawang, iris tipis

1 sdt garam

2 siung bawang putih, haluskan

50 ml santan kental

75 ml air

minyak untuk menggoreng

Bahan isi:

2 bh sosis, potong-potong kecil

½ bh bawang bombai, cincang halus

2 sdm saus tomat

½ sdt garam

½ sdt gula pasir

minyak goreng

 

Haluskan:

2 bh cabai merah

1 siung bawang putih

 

Cara membuat:

1. Aduk tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, dan garam.

2. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan air dan santan, didihkan. Selagi panas, tuang ke dalam campuran tepung sambil diaduk rata. Setelah agak dingin, uleni dengan tangan hingga kalis. Bagi menjadi 24 buah, sisihkan.

3. Buat isi: tumis bumbu halus dan bawang bombai sampai matang, masukkan sosis, aduk hingga berubah warna.

4. Masukkan saus tomat, garam, dan gula pasir, masak sampai matang.

5. Pipihkan adonan cireng, isi dengan tumisan sosis lalu tutup lagi dengan adonan cireng. Goreng hingga kecokelatan. Angkat lalu hidangkan selagi hangat.(Untuk 12 buah)

 

Iklan